Thursday 30 July 2015

Mengatasi Speedy Lemot

Bagi Anda pemakai internet di rumah yang menggunakan akses Speedy dari Telkom pasti pernah merasakan jaringan Anda tiba-tiba lemah, lambat (lemot) bahkan terputus.

Gangguan teknis dan mengganggu kita dalam menggunakan layanan modem Speedy yang kerap terjadi adalah :
Sinyal modem Speedy tiba-tiba melemah. Lampu indikator melemah, hanya tinggal satu titik dan berkedip-kedip.Sinyal terputus pada indikator jaringan internet pada layar komputer kita.Download dan upload serasa sangat lama dan munculnya cursor yang bentuknya bulat berputar-putar seperti gasing ada tempatnya tidak henti-hentinya sampai beberapa detik bahkan sampai 1 menit.
Gangguan jaringanbisa juga disebabkan oleh:
pemutusan jaringan karena belum bayar langgananjaringan kabel telepon dekat rumah atau lokasi usaha internet Anda terputus atau sedang ada perbaikan jaringan.

Gangguan teknis bisa terjadi karena berbagai macam sebab yaitu:

modem yang terlalu panas, sambungan kabel yang longgar/jelek atau terbalikcuaca buruk/badai matahari,server/router sedang sibuk,download manager yang berlebihan,komputer terkena virussabotase sambungan internet. 

Untuk mengatasi permasalahan gangguan teknis di atas. Tidak perlu repot-repot bahkan ada yang harus mengadu ke pihak operator dan meminta datang ke tempat usaha atau rumah Anda untuk membenarkan jaringan internet Speedy anda.

Yang pertama kali dilakukan adalah memastikan sambungan kabel ke jaringan telpon, splitter dan ke laptop/komputer terpasang dengan benar dan tidak longgar atau putus.Jika Anda menggunakan koneksi wireless (WiFi) pastikan akses WiFi yang tersambung sesuai.

Matikan lampu on/off pada modem. Setelah mematikan 5 -10 detik (atau lebih lama jika modem terasa sangat panas), kemudian nyalakan kembali. Tunggu 1 menit hingga lampu indikator pada modem terlihat menyala penuh.

Kecepatan download/upload bisa dipercepat dengan mengubah DNS. Caranya sbb:
Buka Control Panel --->> Klik Start Pilih Control PanelLihat menu Network And Internet dan pilih View Network Status And TasksPilih change adapter settingKlik Kanan Pada Local Area Network Pilih Properties. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4). Klik PropertiesMasukan nomor DNS pada kedua kolom tersebut. Sebagai contoh Anda bisa memasukkan DNSdari Google.Preferred DNS Server : 8 . 8 . 8 . 8
Alternate DNS Server : 8 . 8 . 4 . 4
Klik OK

  

Jika masih belum bisa teratasi, silakan telpon ke 147. Setelah tersambung matikan telepon. Atau kalau mau mengobrol dengan petugas 147 ya boleh-boleh saja.
Dan sim alabim Anda sudah dapat terhubung lagi dengan lancar ke internet.

Anda juga bisa datang ke plasa telkom terdekat. Sebaiknya hindari tanggal 19-20 karena pada saat itu adalahhari terakhir pembayaran telkom. Biasanya antreannya jadi lebih lama.

Semoga bermanfaat.

Oleh Mas Seno 

30 comments:

  1. ����������������������������������������������������

    ReplyDelete
  2. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. jaringannya sudah busuk...kerjanya tidak propesional baik teknisi maupun yg di graparinya...

      Delete
    2. Layanan BUMN paling terjelek

      Delete
  4. punya saya malahan lemot sudah satu minggu ini,,, kecewa sama layanan telkom nih

    ReplyDelete
  5. punya saya juga sama ni bang dari mulai kamren tgl 24 november apa jangn2 semua rata ya speedy lg heng

    ReplyDelete
  6. di pakai di PC nya lancar, tapi lemot nya di WIFI nya

    ReplyDelete
  7. lemoot berjamaah ini mah ..kabel fibernya ruweet kyaknya,

    ReplyDelete
  8. Speed browsing normal, cuman speed donlodnya cuma 10kbs gila donlod 60mb aja lama bgt, biasanya speed donlodnya 150-180kb, skrg jadi 10kbs, parah

    ReplyDelete
  9. ha ha ha ane udah setahun Usee TV nya ga bisa, koneksinya lelet dan putus2... telp ke 147 tak terhitung, 3 petugas datang, 3x pula tidak ada perubahan... trus ngapain nyuruh petugas dateng kalo ga ada hasilnya .. PARAH

    ReplyDelete
  10. otak lu diganti dns nya biar pelanggan kaga nge lag kali

    ReplyDelete
  11. sudah 1 bulan berdampingan dengan jaringan yg lemot...lelet..busuk putus-2... tidak profesional baik teknisi maupun di kantor grapari..parah. giliran terlambat membayar dendanya yg dikasih lancar..parah betul...

    ReplyDelete
  12. Telkom Speedy memang harus tersaingi provider swasta baru nanti tahu rasa...
    Percuma pakai speedy skg....sudah bobrok jaringannya memang

    ReplyDelete
    Replies
    1. lemotnya gak ketulungan bro, petugasnya jg ngak profesional...............

      Delete
  13. Kawasan kelurahan sentanan, Mojokerto ,Jawa timur malah parah juga....
    Lapor 147 ...Speedy tetap aja lemot....yg katanya perbaikan jaringan dsb.
    Bahkan info petugas malah bilang memang mau dimatiin itu nama speedy...biar org org pindah ke indihome dgn biaya lebih mahal dan belum tentu bagus juga kualitasnya.


    ReplyDelete
  14. Ngga sesuai sama Nama besar TElkom Speedy ganti saja SPEEDLEMOT

    ReplyDelete
  15. Bayar sudah mahal2 ngga dibayar jaringan kita diputus.. huu Jaringan selalu RTO putus-putus alias LEMOT adeknya LELET. pelayanan kurang bagus. Buat masyrakat Indonesia mending kita pindah ke jaringan operator lainnya Telkomsel,Indosat dll pake 3G.4G dll mahal2 tapi lancar.

    ReplyDelete
  16. hahaha..nasib yg sama di alami...pnya aq juag ..download lumayan,,12mbps tpi upload nya set dah..0.12 aja...parah abis

    ReplyDelete
  17. Bangke lah speedy , udah bayar jaringannya lemot bener ..udh kaga kaya dulu tai lah

    ReplyDelete
  18. tai pilat speedy,lemot baru
    tanggal 3 dah lemot

    ReplyDelete
  19. percuma juga pakai pakai dns, gak ada pengaruhnya

    ReplyDelete
  20. koneksi nya mantab jiwa padahal tinggal nya di tanggeang buruk parah banget koneksi nya antara niat apa kagak niat tu orang bikin wifi njiiirrrrr di telepon di suruh copot gk ada respons lagi parahhh banget gk prefessional

    ReplyDelete
  21. berarti ketika kita menelpon 147 dan setelah itu internet nya kembali normal itu tanda nya mereka hanya mau bertindak akalu ada teguran saja nanti 1-3 hari kemudian juga rusak lagi parah nih telkom

    ReplyDelete
  22. Bngst dah emg indihomo ni , tiap hari pasti ada RTO

    ReplyDelete
  23. Payah bingittts.. Pake IDM buat download 17kb/s fiber optic rasa GPRS

    ReplyDelete
  24. Coba gunain aplikasi vpn biar makin kenceng internetannya, salah satunya bisa gunain aplikasi vpn gratis dulu.

    Soalnya, klo gk pake aplikasi tambahan terkadang bkin lemot juga sih ;)

    ReplyDelete